Arcturus, The Bear Guard

Arcturus adalah bintang paling terang keempat dari semua bintang yang sudah terdeteksi, dengan angka magnitudo -0.1. Memancarkan cahaya jingga. Tak aneh jika bintang yang juga bernama Alpha Bootes ini menjadi bintang paling terang pada konstelasinya, yaitu Bootes, 'si penggembala' yang terletak di langit belahan utara.

Nama arcturus berasal dari kata Arktouros atau Arctophilax (Yunani) yang berarti 'penjaga beruang' (The Bear Watcher or The Bear Guard or Guardian of The Bear) karena letaknya yang sangat dekat dengan konstelasi 'beruang besar', 'beruang kecil', ursa mayor dan ursa minor. Sebuah nama yang pertama digunakan bagi konstelasi Bootes secara keseluruhan. Konstelasi Bootes ini menyerupai bentuk layangan atau corong es krim, atau terlihat seperti seorang penggembala beruang-beruang yang di sekeliling langit. Lihat posisi Arcturus.

Bintang Arcturus, yang dalam bahasa Arab dikenal dengan nama 'Al Simak al Ramih' (Leg of the Lance-bearer) ini memiliki ukuran diameter 24 kali lebih besar dari Matahari. Dan menurut penelitian European Space Agency's Hipparcos Space Astrometry Mission, bintang yang termasuk 'raksasa jingga-merah' ini berjarak 36.7 tahun cahaya dari bumi.

sumber:
http://www.solstation.com
http://www.christalinks.com
http://www.glyphweb.com/esky/constellations/default.htm

=========

Dalam konstelasi blog ini *cieh*, warna cahaya dan nama bintang Arcturus, saya gunakan untuk memposting tulisan-tulisan saya tentang buku-buku yang sudah pernah dibaca. Tulisannya tidak hanya berbentuk review formal, tapi juga berupa kesan-kesan dari sebuah buku dengan tulisan yang nyantai.

Buku-buku yang sudah saya baca sangat jarang saya menceritakannya kembali dalam sebuah tulisan. Semoga dengan adanya 'bintang Arcturus' ini, saya termotivasi menuliskannya. Insya Allah bermanfaat bagi diri saya dan blogger lain. Amin..

0 komentar :